Rabu, 18 Januari 2012

Asimo Makin Pintar!


JAKARTA -
Masih ingat ASIMO? Robot berbentuk manusia hasil riset Honda Motor Corporation kini kian pintar. Dimulai dari prototipe E0 pada 1986 yang hanya berwujud kaki, Honda ingin mewujudkan robot seperti tokoh komik Astro Boy.

25 tahun riset berkesinambungan pun membuahkan ASIMO terbaru dengan kemampuan yang melebihi bayangan. Jika Anda sempat menyaksikan aksinya pada Indonesia International Motor Show beberapa tahun silam, kini ASIMO memiliki berbagai kemampuan anyar.

Secara fisik, robot dengan tinggi 130 cm dan berat 48 kg ini mirip anak-anak. Perangainya pun dibuat mirip seorang bocah kelas 3 SD berusia sekitar 10 tahun. Kini, ia bisa berlari lebih kencang maju dan mundur, mencapai 9 km/jam.

Selain itu, juga sudah bisa berjalan di permukaan kasar, berdiri dan melompat satu kaki, bahkan menendang bola dengan kencang dan mampu mempertahankan posisi berdirinya. Benar-benar mirip anak kecil.

Tidak hanya secara fisik, intelegensia ASIMO pun berkembang. Kini ia disebut autonomous robot, karena bisa menentukan sendiri tindakannya. Ia bisa menerima perintah dari beberapa orang sekaligus. Misalnya tiga orang bicara bareng minta minuman yang berbeda, ASIMO bisa mengambilkan permintaan yang sesuai.

Gerakan tangannya pun kian canggih, dengan 23 kemampuan engsel tambahan (degree of freedom), ASIMO bisa membuat beberapa tanda bahasa bagi kaum tuna rungu. Tidak hanya itu, ia juga bisa membuka botol dan menuang isinya ke dalam gelas tanpa tumpah. Soalnya ia bisa mengukur berat botol dan gelas untuk memperkirakan perpindahan isinya.

Canggih kan? Melihatnya beraksi membuat kangen. Kapan ya, ASIMO baru main ke Indonesia? Kita tunggu bareng, ya!     (mobil.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar