Pilar A Digeser Maju, All New Avanza Xenia Makin Aerodinamis?
Sepintas memang tidak tampak kasat mata. Namun kalau diperhatikan dan duduk di kursi pengemudi baru kelihatan bedanya. Apa sih ubahan dan efeknya? Yuk kita telusuri lebih lanjut.
Aerodinamis
Bentuk bodi ANEX dan ANA memang cukup banyak berubah. Mulai dari bumper depan, kap mesin, pintu bagasi sampai fender dan pintu samping, semua berubah. Meski desain masih mencirikan garis dasar ANEX dan ANA.
Kaca depan Avanza lawas lebih tegak (baris kedua)
Maksud Rio, bagian bawah windshield dimajukan sehingga lebih ‘tiduran’. Ternyata dengan memajukan bagian bawah kaca ini punya efek cukup banyak.
Pertama, tentu akan berpengaruh pada sisi aerodinamika mobil. “Coeffecient of drag atau cd jadi turun dari 0,36 menjadi 0,32,” lanjut pria yang hobi motor besar ini. Cd adalah ukuran hambatan angin pada sebuah mobil.
Dengan angka cd semakin kecil, hambatan anginnya pun berkurang. Sehingga mobil lebih mudah membelah angin. Efeknya, kendaraan lebih mudah melaju. Artinya dengan kondisi relatif sama, mobil bisa lebih irit bahan bakar.
Sedikit bicara soal gaya, dengan kaca depan landai ini, relatif mengurangi kesan mobil kuno. Pasalnya, mobil masa kini memang memiliki desain meruncing dengan kaca depan landai. Tul, kan?
Pandangan ke samping lebih luas
Sayangnya, karakter ini lebih ramah buat yang berpostur tinggi. Pengemudi dengan postur di bawah 165 cm cenderung memajukan kursi dan malah bisa terhalang pilar A ketika menoleh kanan atau kiri.
Perlu adaptasi sedikit, tuh. (mobil.otomotifnet.com)
Browse By ATPM
Berita Terpopuler
- BMW Rilis 325i ConnectedDrive, Fitur Lebih Lengkap Harga TetapSelasa, 21 Juni 2011 16:26 WIB
- Eksplorasi Interior Grand New Kijang InnovaKamis, 11 Agustus 2011 17:55 WIB
- Wow, Infiniti Coupe Bisa Jadi Mobil ReliSenin, 11 April 2011 11:02 WIB
- BMW Bikin Transmisi Otomatis 8 SpeedSabtu, 09 April 2011 12:10 WIB
- Ketika VW New Beetle Bersanding dengan Britney SpearsJumat, 24 Juni 2011 14:10 WIB
Forum Mobil
- Uji Handling, Geely LC Cross Dipaksa SlalomSabtu, 29 Oktober 2011 14:02 WIB
- Test Drive Geely LC Cross, Mobil Imut Berbalut Wujud SUVKamis, 27 Oktober 2011 12:01 WIB
- Uji Handling, Geely LC Cross Dipaksa SlalomSabtu, 29 Oktober 2011 14:02 WIB
- Test Drive Geely LC Cross, Mobil Imut Berbalut Wujud SUVKamis, 27 Oktober 2011 12:01 WIB
- Uji Handling, Geely LC Cross Dipaksa SlalomSabtu, 29 Oktober 2011 14:02 WIB
- Test Drive Geely LC Cross, Mobil Imut Berbalut Wujud SUVKamis, 27 Oktober 2011 12:01 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar