Rabu, 07 September 2011

mesin listrik

Ganti Mesin Mobil Jadi Mesin Listrik Hanya 150 Juta

image Jika Anda tertarik dengan performa mobil listrik, tak perlu merogoh kocek banyak untuk membeli mobil listrik, karena mesin mobil Anda pun bisa diganti dengan penggerak motor listrik.
Adalah Lembaga Ilmu dan Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang akan memberikan solusi cepat dengan harga hemat untuk Anda. Siapkan saja dana sebesar Rp 150 juta dan LIPI akan mengubah mobil Anda menjadi menjadi mobil listrik.
Seperti diketahui sebelumnya LIPI telah sukses mengkonversi mesin konvensional Toyota keluaran 1990 dan menyulapnya menjadi mesin mobil bertenaga listrik yang lebih ramah lingkungan.
Inilah bentuk kesiapan LIPI melayani masyarakat untuk sama-sama mencanangkan kampanye ramah lingkungan. Diungkapkan Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Syahrul Aiman,
"Antusias masyarakat sangat besar dengan mobil listrik kita untuk itu jika ada pemilik mobil yang berniat untuk mengkonversi mesin konvensionalnya dengan mesin bertenaga listrik kita sangat siap," jelas Syahrul.
Mesin mobil akan diganti dengan penggerak as roda dengan motor 3 phase bertegangan 96 VAC dan baterai LED ACID sebanyak 16 buah. Baterai LED ACID yang dipilih karena bahannya tergolong murah dibandingkan baterai ion lithium yang berharga mahal sekitar Rp 250 juta. Namun LIPI tetap mempertimbangkan baterai berbasis ion lithium untuk kualitas terbaik.
"Namun pemasangan ion litium tidak menutup kemungkinan menyebabkan harga konversi menjadi lumayan mahal. Tapi jika ada pemilik mobil yang bersedia kita siap untuk melayaninya," tambahnya.
Tenaga yang mampu dihasilkan mesin motor listrik ini sebesar 52 hp dengan torsi 156 Nm. Performanya dipacu hingga 120 km/jam dengan jarak tempuh 75 km. LIPI mengklaim motor listrik cukup diisi ulang dalam waktu 6 jam dengan tegangan 220 volt.
(maya/CN19)

Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar